jasa derek towing bsd kota tangerang selatan banten

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Kota Tangerang adalah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota Indonesia, Jakarta. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bogor. Selain itu Kepolisian di kota ini juga setara dengan Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang Selatan. Yang dimana kepolisiannya berkedudukan di Kepolisian DKI Jakarta, Polda Metro Jaya.

Jasa Derek Mobil – PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahaan Jasa Derek Mobil tercepat dan Termurah sehingga di Percaya oleh customer di manapun berada, untuk solusi mobil anda yang sedang mogok di rumah, di jalan atau sedang dalam kecelakaan sekalipun kami siap melayani dengan sepunuh hati dan tanggung jawab kami, karna kepercayaan adalah keberhasilan kunci utama usaha ini.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten -

Kota Tangerang

Sejarah
Asal-Usul Tangerang disebut juga sebagai Kota “Benteng”

Denah Benteng Tangerang tertanggal 1709

Kediaman Tuan Oei Dji San, seorang tokoh Tionghoa di Tangerang, pada tahun 1920-1922
Untuk mengungkapkan asal usul Tangerang sebagai Kota Benteng, diperlukan catatan yang menyangkut perjuangan. Menurut tulisan F. de Haan yang diambil dari arsip VOC, resolusi tanggal 1 Juni 1660 melaporkan bahwa Sultan Banten telah membuat negeri besar yang terletak di sebelah barat Sungai Untung Jawa, dan untuk mengisi negeri baru tersebut Sultan Banten telah memindahkan 5.000 sampai 6.000 penduduk.

Dalam Dag Register tertanggal 20 Desember 1668 diberitakan bahwa Sultan Banten telah mengangkat Raden Sena Pati dan Kyai Demang sebagai penguasa di daerah baru tersebut. Karena dicurigai akan merebut kerajaan, Raden Sena Pati dan Kyai Demang dipecat oleh Sultan.

Sebagai gantinya diangkat Pangeran Dipati lainnya. Atas pemecatan tersebut, Ki Demang sakit hati. Kemudian tindakan selanjutnya ia mengadu domba antara Banten dan VOC. Tetapi ia terbunuh di Kademangan.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Dalam arsip VOC selanjutnya, yaitu dalam Dag Register tertanggal 4 Maret 1680 menjelaskan bahwa penguasa Tangerang pada waktu itu adalah Kyai Dipati Soera Dielaga. Kyai Soeradilaga dan putranya Subraja minta perlindungan VOC dengan diikuti 143 pengiring dan tentaranya. Ia dan pengiringnya ketika itu diberi tempat di sebelah timur sungai, berbatasan dengan pagar VOC.

Ketika bertempur dengan Banten, Soeradilaga beserta ahli perangnya berhasil memukul mundur pasukan Banten. Atas jasa keunggulannya itu kemudian ia diberi gelar kehormatan Raden Aria Suryamanggala, sedangkan Pangerang Subraja diberi gelar Kyai Dipati Soetadilaga.

Selanjutnya Raden Aria Soetadilaga diangkat menjadi Bupati Tangerang I dengan wilayah meliputi antara Sungai Angke dan Sungai Cisadane. Gelar yang digunakannya adalah Aria Soetidilaga I.

Kemudian dengan perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 17 April 1684, Tangerang menjadi daerah kekuasaan VOC. Banten tidak mempunyai hak untuk campur tangan dalam mengatur tata pemerintahan di Tangerang.

Salah satu pasal dari perjanjian tersebut berbunyi: Dan harus diketahui dengan pasti sejauh mana batas-batas daerah kekuasaan yang sejak masa lalu telah dimaklumi maka akan tetap ditentukan yaitu daerah yang dibatasi oleh Tangerang dari Pantai Laut Jawa hingga pegunungan-pegunungan sampai Laut Selatan. Bahwa semua tanah disepanjang Tangerang akan menjadi milik atau ditempati VOC.

Dengan adanya perjanjian tersebut daerah kekuasaan bupati bertambah luas sampai sebelah barat sungai Tangerang. Untuk mengawasi Tangerang maka dipandang perlu menambah pos-pos penjagaan di sepanjang perbatasan sungai Tangerang, karena orang-orang Banten selalu melakukan penyerangan secara tiba-tiba.

Menurut peta yang dibuat pada tahun 1692, pos yang paling tua terletak di muara Sungai Cisadane, tepatnya disebelah utara Kampung Baru. Namun kemudian ketika didirikan pos yang baru, bergeserlah letaknya ke sebelah Selatan atau tepatnya di muara Sungai Tangerang.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Menurut arsip Gewone Resolutie Van hat Casteel Batavia, tanggal 3 April 1705 ada rencana merobohkan bangunan-bangunan dalam pos karena hanya berdinding bambu. Kemudian bangunannya diusulkan diganti dengan tembok. Gubernur Jenderal Zwaardeczon sangat menyetujui usulan tersebut, bahkan diinstruksikan untuk membuat pagar tembok mengelilingi bangunan-bangunan dalam pos penjagaan.

Hal ini dimaksudkan agar orang Banten tidak dapat melakukan penyerangan. Benteng baru yang akan dibangun untuk ditempati itu direncanakan punya ketebalan dinding 20 kaki atau lebih. Disana akan ditempatkan 30 orang Eropa dibawah pimpinan seorang Vandrig dan 28 orang Makassar yang akan tinggal di luar benteng. Bahan dasar benteng adalah batu bata yang diperoleh dari Bupati Tangerang Aria Soetadilaga I.

Setelah benteng selesai dibangun personelnya menjadi 60 orang Eropa dan 30 orang hitam. Yang dikatakan orang hitam adalah orang-orang Makassar yang direkrut sebagai serdadu VOC. Benteng ini kemudian menjadi basis VOC dalam menghadapi pemberontakan dari Banten.

Kemudian pada tahun 1801, diputuskan untuk memperbaiki dan memperkuat pos atau garnisun itu, dengan letak bangunan baru 60 meter agak ke tenggara, tepatnya terletak disebelah timur Jl. Besar PAL 17. Orang-orang pribumi pada waktu itu lebih mengenal bangunan ini dengan sebutan “Benteng”.

Sejak saat itu, Tangerang terkenal dengan sebutan Benteng. Benteng ini sejak tahun 1812 sudah tidak terawat lagi, bahkan menurut “Superintendant of Publik Building and Work” tanggal 6 Maret 1816 menyatakan:

… Benteng dan Barak di Tangerang sekarang tidak terurus, tak seorangpun mau melihatnya lagi. Pintu dan jendela banyak yang rusak bahkan diambil orang untuk kepentingannya.

Kota Tangerang terletak di wilayah barat laut Provinsi Banten dan berada di sisi utara Pulau Jawa. Secara astronomis, kota ini terletak 106°33’–106°44′ Bujur Timur (BT) dan 6°05’–6°15 Lintang Selatan (LS). Kota Tangerang mempunyai luas sebesar ±153,9 km².[5][6] Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah Barat dan Utara, dengan Kota Tangerang Selatan di sisi Selatan, dan dengan DKI Jakarta di sebelah Timur.[6][7] Kota Tangerang dilintasi oleh salah satu sungai terbesar di barat Pulau Jawa yaitu Sungai Cisadane. Sungai ini merupakan bagian dari identitas Kota Tangerang yang tak dapat dipisahkan. Hulu sungai ini terletak di lereng Gunung Salak dan Gunung Pangrango, BogOR

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

UtaraKabupaten Tangerang
TimurDKI Jakarta
SelatanKota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang
BaratKabupaten Tangerang

Kota Tangerang terdiri dari 13 kecamatan dan 104 kelurahan dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 diperkirakan sebesar 1.651.428 jiwa dan luas wilayah 153,93 km² dengan kepadatan 10.728 jiwa/km².[15][16]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Tangerang, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
36.71.03Batuceper7BatuceperBatujayaBatusariKebon BesarPoris GagaPoris Gaga BaruPoris Jaya
36.71.04Benda5BelendungBendaJurumudiJurumudi BaruPajang
36.71.09Cibodas6CibodasCibodasariCibodas BaruJatiuwungPanunggangan BaratUwung Jaya
36.71.06Ciledug8PaninggilanPaninggilan UtaraParung SerabSudimara BaratSudimara JayaSudimara SelatanSudimara TimurTajur
36.71.05Cipondoh10CipondohCipondoh IndahCipondoh MakmurGondrongKenangaKetapangPetirPoris PlawadPoris Plawad IndahPoris Plawad Utara
36.71.02Jatiuwung6Alam JayaGandasariJatakeKeroncongManis JayaPasir Jaya
36.71.12Karangtengah7Karang MulyaKarangtengahKarang TimurParung JayaPedurenanPondok BaharPondok Pucung
36.71.07Karawaci16Bojong JayaBugelCimoneCimone JayaGerendengKarawaciKarawaci BaruKoang JayaMargasariNambo JayaNusa JayaPabuaranPabuaran TumpengPasar BaruSukajadiSumur Pacing
36.71.13Larangan8CipaduCipadu JayaGagaKreoKreo SelatanLarangan IndahLarangan SelatanLarangan Utara
36.71.10Neglasari7Karang AnyarKarangsariKedaung BaruKedaung WetanMekarsariNeglasariSelapajang Jaya
36.71.08Periuk5Gebang RayaGemborPeriukPeriuk JayaSangiang Jaya
36.71.11Pinang11CipeteKunciranKunciran IndahKunciran JayaNerogtogPakojanPanungganganPanunggangan TimurPanunggangan UtaraPinangSudimara Pinang
36.71.01Tangerang8BabakanBuaran IndahCikokolKelapa IndahSuka AsihSukarasaSukasariTanah Tinggi
TOTAL104

Penduduk
Tangerang juga memiliki jumlah komunitas Tionghoa yang cukup signifikan, banyak dari mereka adalah campuran Tionghoa Benteng. Mereka didatangkan sebagai buruh oleh kolonial Belanda pada abad ke 18 dan 19, dan kebanyakan dari mereka tetap berprofesi sebagai buruh dan petani. Budaya mereka berbeda dengan komunitas Tionghoa lainnya di Tangerang: ketika hampir tidak satupun dari mereka yang berbicara dengan aksen Mandarin, mereka adalah pemeluk Confucianisme yang kuat dan tetap menjaga tempat-tempat ibadah dan pusat-pusat komunitas mereka. Secara etnis, mereka tercampur, namun menyebut diri mereka sebagai Tionghoa. Banyak makam Tionghoa yang berlokasi di Tangerang, kebanyakan sekarang telah dikembangkan menjadi kawasan sub-urban seperti Lippo Village.

Kawasan pecinan Tangerang berlokasi di Pasar Lama, Benteng Makassar, Kapling dan Karawaci (bukan Lippo Village), dan Poris. Orang-orang dapat menemukan makanan dan barang-barang berkhas China. Lippo Village adalah lokasi permukiman baru. Kebanyakan penduduknya adalah pendatang, bukan asli China Benteng.

Ekonomi
Tangerang adalah pusat manufaktur dan industri di pulau Jawa dan memiliki lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahaan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Tangerang memiliki cuaca yang cenderung panas dan lembap, dengan sedikit hutan atau bagian geografis lainnya. Kawasan-kawasan tertentu terdiri atas rawa-rawa, termasuk kawasan di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam beberapa tahun terakhir, perluasan urban Jakarta meliputi Tangerang, dan akibatnya banyak penduduknya yang berkomuter ke Jakarta untuk kerja, atau sebaliknya. Banyak kota-kota satelit kelas menengah dan kelas atas sedang dan telah dikembangkan di Tangerang, lengkap dengan pusat perbelanjaan, sekolah swasta dan mini market. Pemerintah bekerja dalam mengembangkan sistem jalan tol untuk mengakomodasikan arus lalu lintas yang semakin banyak ke dan dari Tangerang. Tangerang dahulu adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat yang sejak tahun 2000 memisahkan diri dan menjadi bagian dari provinsi Banten.

Tangerang Raya
Tangerang Raya adalah sebuah kawasan di sebelah barat Jakarta, dengan luas sekitar 1.500 km2, dihuni oleh lebih dari 5 juta penduduk. Tangerang Raya saat ini terbagi menjadi 3 daerah otonom, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan Tangerang Raya sangat beragam. Merupakan perpaduan antara daerah pesisir (Pantura) dengan daerah dataran rendah sampai menengah. Merupakan kombinasi antara daerah agraris dengan industri, pedesaan dengan metropolitan.

Tangerang Raya merupakan daerah penyangga bagi Jakarta, yang berkedudukan sebagai ibu kota negara Republik Indonesia dan pusat bisnis terbesar di Indonesia. Dengan demikian, apa yang terjadi di Jakarta segera berimbas ke Tangerang. Akibat melubernya jumlah penduduk Jakarta, maka sebagian bermigrasi ke Tangerang, dengan tetap mencari nafkah di Jakarta.

Tangerang adalah pintu gerbang utama Indonesia. Hal itu karena keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta yang berada di wilayah Kota Tangerang. Namun posisi tersebut, tidak serta merta mendongkrak sektor pariwisata Tangerang Raya.

Tangerang dikenal pula sebagai kawasan 1.000 industri, karena keberadaan aneka industri, terutama di sekitar Jatiuwung, Balaraja, Cisoka dan Cikupa. Tangerang juga memiliki area pesawahan yang masih sangat luas dan memiliki fungsi untuk menjaga mata pencaharian penduduk setempat sebagai petani, walaupun keberadaanya saat ini banyak perubahan tata guna lahan untuk industri dan perkotaan.

Kenyataannya, beragam sektor strategis di Tangerang Raya, kurang dikelola secara profesional. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya jumlah pengangguran dan penduduk yang miskin. Geliat sektor perdagangan dan bisnis di sebagian kawasan, ternyata hanya memberikan keuntungan bagi segelintir orang saja, dan kurang menciptakan kemakmuran bagi rakyat banyak. Tumbuh pesatnya Kecamatan Serpong misalnya, justru menyebabkan banyak warga asli yang terpinggirkan. Begitu pula di beberapa kecamatan lainnya.

Transportasi

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Warga Tangerang banyak menggunakan bus dan angkutan kota sebagai sarana transportasi. Selain menggunakan bus dan angkot, moda transportasi taksi juga banyak digunakan masyarakat. Terdapat beberapa perusahaan taksi yang beroperasi di penjuru kota. Tangerang memiliki 2 terminal bus untuk Antar Kota Antar Provinsi yaitu:

  • Terminal Bus Ciledug
  • Terminal Bus Poris Plawad

Tangerang memiliki bandar udara:

Untuk transportasi laut, di Kota Tangerang terdapat dermaga di Tanjung Pasir untuk menyeberang ke Pulau Rambut dan Pulau Cangkir.

Banten

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Provinsi Banten adalah sebuah provinsi, wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, daerah ini menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Geografis
Wilayah Banten terletak di antara 5º7’50”-7º1’11” Lintang Selatan dan 105º1’11”-106º7’12” Bujur Timur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial. Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura. Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatra. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan, maka wilayah Banten terutama daerah Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Banten atau dahulu dikenal dengan nama Bantam pada masa lalu merupakan sebuah daerah dengan kota pelabuhan yang sangat ramai, serta dengan masyarakat yang terbuka dan makmur. Banten pada abad ke-5 merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara. Salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanagara adalah Prasasti Cidanghiyang atau prasasti Lebak, yang ditemukan di Kampung Lebak di tepi Ci Danghiyang, Kecamatan Munjul, Pandeglang, Banten. Prasasti ini baru ditemukan tahun 1947, dan berisi 2 baris kalimat berbentuk puisi dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Isi prasasti tersebut mengagungkan keberanian Raja Purnawarman. Setelah runtuhnya Kerajaan Tarumanagara (menurut beberapa sejarawan ini akibat serangan Kerajaan Sriwijaya), kekuasaan di bagian barat Pulau Jawa dari Ujung Kulon sampai Ci Sarayu dan Ci Pamali dilanjutkan oleh Kerajaan Sunda. Seperti dinyatakan oleh Tome Pires, penjelajah Portugis pada tahun 1513, Bantam menjadi salah satu pelabuhan penting dari Kerajaan Sunda. Menurut sumber Portugis tersebut, Bantam adalah salah satu pelabuhan kerajaan itu selain pelabuhan Pontang, Cigede, Tamgara (Tangerang), Kalapa, dan Cimanuk.

Diawali dengan penguasaan Kota Pelabuhan Banten yang dilanjutkan dengan merebut Banten Girang dari Pucuk Umun pada tahun 1527, Maulana Hasanuddin mendirikan Kesultanan Banten di wilayah bekas Banten Girang. Pada tahun 1579, Maulana Yusuf, penerus Maulana Hasanuddin, menghancurkan Pakuan Pajajaran, ibu kota atau pakuan (berasal dari kata pakuwuan) Kerajaan Sunda. Dengan demikian pemerintahan di Jawa Barat dilanjutkan oleh Kesultanan Banten. Hal itu ditandai dengan dirampasnya Palangka Sriman Sriwacana, tempat duduk kala seorang raja dinobatkan, dari Pakuan Pajajaran ke Surasowan di Banten oleh pasukan Maulana Yusuf. Batu berukuran 200 x 160 x 20 cm itu terpaksa diboyong ke Banten karena tradisi politik waktu itu mengharuskan demikian. Pertama, dengan dirampasnya Palangka tersebut, di Pakuan tidak mungkin lagi dinobatkan raja baru. Kedua, dengan memiliki Palangka itu, Maulana Yusuf mengklaim sebagai penerus kekuasaan Kerajaan Sunda yang sah karena buyut perempuannya adalah puteri Sri Baduga Maharaja sementara di sisi lain para Kandaga Lante dari Kerajaan Pajajaran secara resmi menyerahkan seluruh atribut dan perangkat kerajaan beserta abdi kepada Kerajaan Sumedang Larang untuk meneruskan kelanjutan Kerajaan Sunda atau Pajajaran yang merupakan trah Siliwangi.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Dengan dihancurkannya Pajajaran maka Banten mewarisi wilayah Lampung dari Kerajaan Sunda. Hal ini dijelaskan dalam buku The Sultanate of Banten tulisan Claude Guillot pada halaman 19 sebagai berikut: “From the beginning it was obviously Hasanuddin’s intention to revive the fortunes of the ancient kingdom of Pajajaran for his own benefit. One of his earliest decisions was to travel to southern Sumatra, which in all likelihood already belonged to Pajajaran, and from which came bulk of the pepper sold in the Sundanese region.”[5]

Ketika sudah menjadi pusat Kesultanan Banten, sebagaimana dilaporkan oleh J. de Barros, Bantam merupakan pelabuhan besar di Asia Tenggara, sejajar dengan Malaka dan Makassar. Kota Bantam terletak di pertengahan pesisir sebuah teluk, yang lebarnya sampai tiga mil. Kota itu panjangnya 850 depa. Di tepi laut kota itu panjangnya 400 depa; masuk ke dalam ia lebih panjang. Melalui tengah-tengah kota ada sebuah sungai yang jernih, di mana kapal jenis jung dan gale dapat berlayar masuk. Sepanjang pinggiran kota ada sebuah anak sungai, di sungai yang tidak seberapa lebar itu hanya perahu-perahu kecil saja yang dapat berlayar masuk. Pada sebuah pinggiran kota itu ada sebuah benteng yang dindingnya terbuat dari bata, dan lebarnya tujuh telapak tangan. Bangunan-bangunan pertahanannya terbuat dari kayu, terdiri dari dua tingkat dan dipersenjatai dengan senjata yang baik. Di tengah kota terdapat alun-alun yang digunakan untuk kepentingan kegiatan ketentaraan, dan kesenian rakyat, dan sebagai pasar di pagi hari. Istana raja terletak di bagian selatan alun-alun. Disampingnya terdapat bangunan datar yang ditinggikan dan beratap, disebut Srimanganti, yang digunakan sebagai tempat raja bertatap muka dengan rakyatnya. Di sebelah barat alun-alun didirikan sebuah masjid agung.

Litografi berdasarkan lukisan oleh Abraham Salm dengan pemandangan di Banten (1865-1872)
Pada awal abad ke-17 Masehi, Bantam merupakan salah satu pusat perniagaan penting dalam jalur perniagaan internasional di Asia. Tata administrasi modern pemerintahan dan kepelabuhan sangat menunjang bagi tumbuhnya perekonomian masyarakat. Daerah kekuasaannya mencakup juga wilayah yang sekarang menjadi Provinsi Lampung. Ketika orang Belanda tiba di Bantam untuk pertama kalinya, orang Portugis telah lama masuk ke Bantam. Kemudian orang Inggris mendirikan loji di Bantam dan disusul oleh orang Belanda.

Lukisan François Valentijn pada tahun 1694.
Selain itu, orang-orang Prancis, dan Denmark pun pernah datang di Bantam. Dalam persaingan antara pedagang Eropa ini, Belanda muncul sebagai pemenang. Orang Portugis melarikan diri dari Bantam (1601), setelah armada mereka dihancurkan oleh armada Belanda di perairan Bantam. Orang Inggris pun tersingkirkan dari Batavia (1619) dan Bantam (1684) akibat tindakan orang Belanda.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Pada 1 Januari 1926 pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan untuk pembaharuan sistem desentralisasi, dan dekonsentrasi yang lebih luas. Di Pulau Jawa dibentuk pemerintahan otonom provinsi. Provincie West Java adalah provinsi pertama yang dibentuk di wilayah Hindia Belanda yang diresmikan dengan surat keputusan tanggal 1 Januari 1926, dan diundangkan dalam Staatsblad (Lembaran Negara) 1926 No. 326, 1928 No. 27 jo No. 28, 1928 No. 438, dan 1932 No. 507. Banten menjadi salah satu keresidenan yaitu Bantam Regentschappen dalam Provincie West Java di samping Batavia, Buitenzorg (Bogor), Preanger (Priangan), dan Cirebon.

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km²)[15]Jumlah penduduk (2017)[15]KecamatanKelurahan/desaLogoCiutkanPeta lokasi
1Kabupaten LebakRangkasbitungIti Octavia Jayabaya3.426,561.222.258285/340
2Kabupaten PandeglangPandeglangIrna Narulita2.746,891.175.1483513/326
3Kabupaten SerangCiruasRatu Tatu Chasanah1.734,281.435.00329-/326
4Kabupaten TangerangTigaraksaAhmed Zaki Iskandar1.011,862.619.8032928/246
5Kota CilegonEdi Ariadi175,50404.426843/-
6Kota SerangSyafrudin266,71630.320666/-
7Kota TangerangArief Rachadiono Wismansyah153,931.651.42813104/-
8Kota Tangerang SelatanAirin Rachmi Diany147,191.244.204754/-

Transportasi
Provinsi Banten yang berada di wilayah ujung barat Pulau Jawa memiliki posisi yang sangat strategis, dan memiliki potensi ekonomi yang sangat besar baik skala lokal, regional, nasional, bahkan skala internasional. Memfasilitasi terhadap pergerakan barang, dan penumpang yang dari, dan ke pusat-pusat kegiatan nasional, wilayah, maupun lokal yang ada di Provinsi Banten menjadi sangat penting dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi di wilayah Provinsi Banten.

Provinsi Banten dibagi menjadi tiga Wilayah Kerja Pembangunan yang mempunyai ikon atau ciri khas prasarana perhubungan di Provinsi Banten karena aktivitasnya yang lebih menonjol dibandingkan dengan prasarana perhubungan lainnya.

Wilayah Kerja I, yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Di dalamnya terdapat Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan gerbang masuknya barang, dan penumpang melalui transportasi udara ke Indonesia.
Wilayah Kerja II, yaitu Kota Cilegon, dan Kabupaten Serang. Di dalamnya terdapat pelabuhan penyeberangan Merak yang menjadi gerbang masuknya barang, dan penumpang dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa.
Wilayah Kerja III, yaitu Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Di dalamnya terdapat Stasiun Kereta Api yang merupakan gerbang masuk barang, dan penumpang terutama dari, dan ke Jakarta.
Secara umum, sektor perhubungan dapat dikategorikan ke dalam tiga bagian yaitu perhubungan darat, perhubungan laut, dan perhubungan udara. Ketiga bagian tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian di Provinsi Banten.

Transportasi darat
Jalan
Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Hingga tahun 2006, kondisi jalan nasional sepanjang 249,246 km berada dalam kondisi baik, 214,314 km dalam kondisi sedang, dan sepanjang 26,840 dalam kondisi rusak. Kondisi jalan provinsi hingga akhir tahun 2006 dengan total panjang jalan sebesar 889,01 km berada dalam kondisi baik sebesar 203,670 km, kondisi sedang 380,020 km, dan kondisi rusak sebesar 305,320 km.

Ruas jalan nasional di wilayah Provinsi Banten pada saat ini mempunyai volume lalu-lintas rata-rata sebesar 0,7 yang berarti kelancaran arus lalu-lintas terganggu karena adanya aktivitas perdagangan/pasar, pabrik/industri, pusat-pusat perbelanjaan di sepanjang jalan serta kapasitas jalan yang terbatas karena lebar badan jalan rata-rata 7 meter pada ruas jalan nasional di Banten Utara (Merak-Tangerang) dan ruas Ciputat-Batas DKI.

Kinerja pelayanan jalan pada ruas jalan provinsi pada umumnya cukup baik dengan rasio volume lalu-lintas per kapasitas rata-rata sebesar 0,4. Kemacetan lalu-lintas pada umumnya bersifat lokal yang terjadi pada pusat-pusat kegiatan masyarakat dan industri.

Terminal
Sebagai simpul transportasi, terminal berfungsi sebagai tempat untuk menaikkan, dan menurunkan penumpang serta perpindahan antarmoda transportasi merupakan unsur penting dalam pelayanan pergerakan penumpang, dan barang. Terdapat 7 (tujuh) terminal di Provinsi Banten, yaitu Terminal Pakupatan Serang, Terminal Porisplawad Tangerang, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Ciledug Tangerang, Terminal Labuan, Terminal Mandala Lebak, Terminal Kadu Banen Pandeglang, Terminal Seruni Cilegon dan Terminal Merak.

Angkutan umum

Orang Belanda di Muara Binuangeun, sepulang dari memancing di Pulau Tinjil (tahun 1936).
Untuk melayani pergerakan penumpang, dan barang dalam wilayah Provinsi Banten, terdapat angkutan umum Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi pada saat ini masih dilayani dengan kendaraan ukuran kecil, dan dalam penyelenggaraannya masih dirasakan belum terpadu secara maksimal. Terdapat 63 trayek dengan jumlah kendaraan sebanyak 3.788 yang melayani Antar Kota Dalam Provinsi lintas Kab./Kota Tangerang. Sedangkan untuk AKDP lintas Serang, Cilegon, Pandeglang, dan Lebak dilayani dengan 66 trayek dengan jumlah kendaraan sebanyak 1.436.

Untuk menjangkau kawasan-kawasan yang masih belum tersedia angkutan umum, terdapat beberapa angkutan perintis yang melayani jalur Cikeusik-Muara Binuangeun-Sp. Bayah-Cikotok-Pasir Kurai-Cibareno dengan jarak sepanjang 106 km. Angkutan perintis ini dilayani oleh 2 buah bus DAMRI ukuran sedang.

Kereta api
Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Sampai dengan tahun 2005, dari total jalur rel kereta api sepanjang 305,9 kilometer, hanya 48% merupakan jalur rel yang masih beroperasi dengan rata–rata jumlah pergerakan kereta penumpang sekitar 22 kereta/hari dan kereta barang sebanyak 16 kereta/hari. Semakin menurunnya pelayanan sarana tersebut berimplikasi terhadap kecenderungan semakin menurunnya pula pada jumlah angkutan penumpang, dan barang.

Jaringan kereta api di wilayah Provinsi Banten sepanjang 305,90 km merupakan single track yang terdiri dari lintas operasi Merak-Tanah Abang, Tangerang-Duri, Cilegon-Cigading sepanjang 141,6 km, lintas tidak operasi (jalur mati) Rangkasbitung-Labuan, Saketi-Bayah, dan Cigading-Anyer Kidul sepanjang 164,3 km. Saat ini jalur kereta mulai dari Maja – Citeras – Rangkasbitung akan menjadi bagian dari Kereta Rel Listrik.

Transportasi laut
Pelabuhan Merak merupakan pelabuhan penyebrangan di Indonesia sebagai pintu gerbang pulau Jawa bagian barat yang rutenya menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Sumatera. Banten terdapat 5 (lima) pelabuhan yang terdiri dari 2 (dua) pelabuhan yang diusahakan yaitu Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bojonegara serta 3 (tiga) pelabuhan yang tidak diusahakan yang terdiri dari Pelabuhan Karangantu, Pelabuhan Labuan, dan Pelabuhan Bojonegara.

Transportasi udara

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta secara nasional merupakan bandar udara utama di Indonesia sebagai pintu gerbang masuknya barang, dan penumpang dari dalam maupun luar negeri. Di samping itu terdapat juga bandara lainnya seperti Bandar Udara Pondok Cabe di Tangerang Selatan, Bandara Budiarto di Tangerang, dan Bandara Gorda yang ada di Kabupaten Serang.

Bandar Udara Pondok Cabe merupakan bandara untuk kegiatan general aviation, Bandara Budiarto merupakan bandara yang digunakan untuk pelatihan kegiatan penerbangan. Sementara Bandara Gorda digunakan sebagai bandara militer.

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Derek Mobil Online

Pemecahan jasa derek maupun jasa towing online memiliki keunggulan tertentu semacam tercantum dalam poin- poin berikut ini:

  • Driver derek berpengalaman. Dengannya mobil Kalian terletak dalam tangan yang cocok, yang siap memberikan pelayanan derek terbaik secara profesional.
  • Siap menjemput di mana pula Kalian terletak. Tidak wajib khawatir mengenai posisi mobil Kalian yang tidak bisa melaju lagi. Di mana pula itu, driver siap menjemput dan menderek kendaraan yang mogok.
  • Kendaraan derek yang terpelihara baik. Biar tetap bisa memberikan pelayanan jasa derek maupun jasa towing mobil yang dapat diandalkan, jasa derek mobil online senantiasa melindungi mobil dereknya dengan baik dan tertib.
  • Peralatan derek yang memadai. Biar proses derek berjalan dengan baik pula, peralatan yang disediakan pastilah memadai sehingga permintaan tetap bisa dipenuhi.
  • Harga lebih terjangkau. Jasa derek berbasis online pula memiliki tarif terjangkau dan lebih transparan.

Mobil Matic Anda Mogok , Jangan Sembarangan Derek dengan Jasa Derek Mobil Sembarangan

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten -
Jasa Derek Mobil Matic

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Dengan kemajuan teknologi, saat ini kendaraan beroda 4 muncul dalam bermacam transmisi yang membuat perawatan yang diberikan juga berbeda. Perihal ini pula mempengaruhi pada gimana satu mobil mesti diderek. Spesial buat menderek mobil bertransmisi matic, berikut ini perihal yang wajib dicermati:

  • Perhatikan bagian body yang diderek. Apabila mesin tersambung dengan roda depan, terdapat baiknya mobil dinaikan di bagian depan buat menjauhi mesin berbalik sebab perputaran roda
  • Pakai perlengkapan dorongan semacam roda tumpuan. Alangkah lebih baik pula apabila ada roda tumpuan yang jadi penghalang antara roda serta permukaan jalur. Perihal ini kurangi pergerakan yang tidak dibutuhkan dari ban sepanjang mesin tidak menyala
  • Mendatangi pihak dealer, bisa jadi mereka memiliki pemecahan terbaik. Entah jasa derek ataupun juga jasa towring, senantiasa miliki kontak pihak dealer di mana Kamu membeli mobil. Pemecahan terbaik tentu telah disediakan buat customer mereka tercantum Kamu.

Kata yang sering di cari di google

Jasa , Pengiriman , Kirim , Mobil , Cargo , Ekspedisi , Harga , Murah , Online , Via Pos , Aman , Pulau , Syarat , Antar , Ekspedisi Kirim Mobil , Pengalaman , Biaya , Cara , Dari , Ke , Bekas , Baru , Pelni , Kantor , Pesawat , Kapal Laut , JNE , Luar Negri , Kota , Ongkos , Towing , Self Driver , Car Carrier , Kontainer , Kapal Roro , Kapal , Kereta Api , Via Laut , Terbaik , TIKI , Truk , Terpercaya , Angkut , Cek Harga , Paket , Cara , Mengirim , Tarif , Kendaraan , Motor , Ongkir , Jasa Derek Mobil , Jasa Towing , Jasa Supir

Ada Beberapa Macam Mobil Derek Yang biasa Digunakan oleh Jasa Derek Mobil

Jasa Derek Mobil
Jasa Derek Mobil

Beberapa jenis mobil derek yang biasa digunakan yaitu:

  • Boom yaitu mobil derek yang menggunakan boom/kran yang biasanya digunakan untuk mengangkat mobil yang terperosok kedalam parit, ataupun untuk membalikkan kendaraan yang terbalik.
  • Kait dan tarik, digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi.
  • Roda diangkat yaitu penderekan dengan mengangkat roda depan atau belakang kendaraan kemudian ditarik, hal ini biasanya dilakukan pada kendaraan yang salah parkir, dimana kendaraan tersebut rem parkirnya dijalankan sehingga roda yang terkunci diangkat.
  • Derek gendong, atau di sebut dengan Jasa Towing dimana kendaraan yang diderek digendong keatas kendaraan truk, biasanya digunakan untuk mengangkut mobil mewah dari show room ke rumah pembeli atau untuk mengangkat mobil mewah yang rusak/mogok ke bengkel.

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Saat ini di Jakarta banyak beroperasi derek liar yang melakukan pemerasan terhadap kendaraan yang mogok terutama di Jalan tol ataupun didaerah perkotaan lainnya, walaupun di Jalan Tol disediakan derek gratis yang disediakan oleh pengelola jalan tol, tetap saja ada pribadi-pribadi yang memiliki mobil derek yang beroperasi secara liar yang meresahkan para pemakai jalan yang kendaraannya mogok.

Peralatan Derek Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Peralatan Derek Mobil

Dongkrak dan Alat Derek Mobil
Mobil sering bersalah? Baik ya atau tidak derek mobil adalah salah satu perangkat yang wajib anda miliki. Untuk anda yang sedang membutuhkannya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk katrol dan juga derek untuk mobil yang bisa anda miliki.

Towing Strap dari Arkana
Salah satu hal yang wajib ada di mobil anda sebagai pertolongan pertama atau alat untuk melakukan derek mobil anda adalah Towing strap dari Arkana. Anda pasti pernah melihat orang yang menggunakan peralatan seperti tali rafia atau tali lainnya untuk menderek mobilnya yang mogok bukan? Fungsi dari tali strap ini mirip dengan fungsi tali derek tersebut, bedanya, tali ini memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan memang dikhususkan untuk membantu aktivitas derek mobil. Pro Towing strap dari Arkana ini merupakan jenis tali yang universal dan dapat digunakan untuk semua mobil. Produk ini bisa ditemukan dalam beberapa warna yaitu warna hitam, merah dan juga biru. Untuk warnanya sesungguhnya tidak begitu berpengaruh karena masing-masing warna memiliki kekuatan yang sama yaitu dapat menarik barang dengan beban maksimal 2 ton.

Dongkrak Enfornce Jack Stand dari Mollar
Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten –
Produk lain yang sangat penting dimiliki oleh setiap mobil adalah katrol mobil. Katrol atau dongkrak ini merupakan salah satu hal yang penting untuk membantu anda mengatasi masalah di mobil anda dengan lebih mudah. Untuk anda yang menjadi jenis dongkrak terbaik sebagai peralatan untuk berjaga-jaga salah satu produk yang anda perlukan adalah Dongkrak Enfornce jack stand dari Mollar. Dongkrak Enfornce jack stand dari Mollar merupakan dongkrak stand yang dapat membantu anda untuk mengangkat mobil dengan maksimal beban 2 ton. Produk ini merupakan produk yang aman karena dilengkapi dengan safety pin sebagai pengaman beban. Selain itu produk Dongkrak Enfornce jack stand dari Mollar ini juga menggunakan foot plate tau kaki plat yang membuatnya menjadi lebih aman.

Dongkrak Buaya dari Mollar
Katrol mobil selanjutnya yang anda bisa gunakan untuk simpanan di mobil anda adalah Dongkrak buaya dari Mollar. Produk ini merupakan produk katrol atau dongkrak yang dapat digunakan untuk mengangkat beban maksimal 2 ton. Produk ini memiliki kelebihan yaitu dilihat dari pengemasannya. Karena merupakan produk yang cukup kecil produk Dongkrak buaya dari Mollar ini bisa didapatkan dengan tempat penyimpanannya sekaligus. Dengan adanya tempat penyimpanan ini akan membuat pembawaan dari katrol mobil ini menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh alat derek mobil ini adalah keberadaan roda kaki yang dimilikinya. Karena memiliki roda kaki ini, Dongkrak buaya dari Mollar menjadi lebih mudah untuk dipindahkan.

Towing Strap dari TRD
Alat terakhir adalah alat yang berhubungan dengan derek mobil. Alat ini adalah Towing Strap dari TRD. Produk ini memiliki warna merah menyala dan memiliki kekuatan yang super besar. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai mobil yang anda miliki. Untuk desainnya, produk ini merupakan produk yang di desain dengan metode racing development sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai kualitas yang dimilikinya. Untuk membelinya, anda bisa membeli di Lazada.co.id. Selain membeli alat untuk derek ini ada juga produk untuk melengkapi kebutuhan mendadak di mobil anda seperti katrol mobil dan juga alat derek lainnya. Jika anda akan membeli di Lazada, pastikan anda memilih seller yang tepat untuk mendapatkan harga yang murah dan juga produk terbaik.

Cara Derek Mobil yang Baik dan Benar

Kondisi darurat tidak pernah bisa disangka oleh siapapun saat berkendara, seperti saat mobil mogok dan harus diderek. Persiapan alat derek menjadi salah satu tool kit yang harus selalu disediakan, dan jangan sampai terlupakan. Agar mobil tidak mengalami kerusakan yang semakin parah, cara menderek mobil yang baik dan benar ini harus diperhatikan.

Jenis mobil harus disesuaikan dengan cara menderek mobil. Terutama bagi mobil yang diderek dengan mobil penderek khusus, yang biasanya diposisikan dengan cara mengangkat bagian depan atau belakang mobil. Jenis mobil ini berkaitan dengan sistem penggerak rodanya, seperti FWD (depan), RWD (belakang), 4WD (empat roda), dan AWD (semua roda).

Jasa Derek Towing BSD Kota Tangerang Selatan Banten – Untuk jenis mobil FWD, bagian yang harus diangkat adalah bagian belakang. Dengan mengangkat bagian belakang maka tidak akan merusak sistem penggerak rodanya yang terhubung sistem penggerak. RWD yang diangkat bagian depan, untuk 4WD harus melihat penggerak utamanya di depan atau di belakang, sedangkan AWD harus dinaikkan ke atas mobil penderek.

Untuk cara menderek tanpa mobil penderek khusus, bisa dilakukan dengan menggunakan mobil lain. Syaratnya adalah mobil yang menderek minimal harus mempunyai ukuran yang sama dengan mobil yang diderek. Semakin besar mobil penderek, maka resiko keamanan semakin baik.

Setelah menentukan mobil penderek, towing hook harus dipasang. Towing hook biasanya sudah disesuaikan oleh pabrikan dan disediakan khusus saat kondisi darurat seperti mogok, kecelakaan, atau kondisi lainnya. Letak tow hook bagi mobil penderek biasanya berada di bagian bawah bumper belakang, sedangkan mobil yang diderek berada di bagian depan.

Penggunaan tali juga harus diperhatikan dengan benar. Pilih tali yang memiliki fleksibilitas namun tidak terlalu renggang. Biasanya bahan tali penderek mobil ini berjenis polyester atau nylon yang khusus digunakan untuk mengangkat beban yang besar.

Atur jarak antara kedua mobil dengan maksimal panjang setengah kali panjang kedua mobil. Maksudnya, ketika rata-rata panjang kedua mobil adalah 5 meter, maka jarak tali penderek maksimal 2,5 meter. Jarak ini akan memberikan jarak yang efektif dalam penderekan, karena tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat. Setelah semuanya terpasang, atur kecepatan dengan konstan di angka 30-40 km/jam saja. Usahakan jangan sampai melakukan akselerasi dan pengereman yang mendadak karena sangat berbahaya. Itulah tips derek mobil yang benar, agar siapapun bisa melewati kondisi darurat dengan tetap tenang dan aman.

Sumber Google , Jasa Derek Mobil

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat